Tuesday, September 29, 2009

Sejarah Komputer

AWAL SEJARAH KOMPUTER


Komputer Berasal Dari Bahasa Latin, Computare, Yang Berarti menghitung ( to compute), karena pada awal pembuatannya komputer pertama dirancang dan digunakan untuk keperluan perhitungan. Inspirasinya diambil dari alat hitung tertua, yaitu ABACCUS ( 300 SM ) atau yang lebih dikenal dengan Sipoa yang Berasal dari Negeri Cina .

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi " atau " sistem pengolahan.


Masa Prasejarah (... s/d 3000 SM)

nmengenal bentuk-bentuk yang ada di sekitar ninformasi digambarkan pada dinding­dinding gua, tentang cara berburu dan binatang buruannya berbahasa memang masih terbatas (suara dengus dan isyarat tangan) ndiciptakan dan digunakannya alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi dan isyarat (seperti gendang. terompet yang terbuat dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan adanya bahaya, dan lain-lain)

Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)

3000 SM : pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari piktograf sebagai huruf sehingga mampu menjadi kata, kalimat dan bahasa.

2900 SM : Penggunaan huruf hieroglif pada bangsa Mesir Kuno. bahasa hieroglif ini lebih maju dibanding tulisan bangsa Sumeria
500 SM : Serat pohon papirus digunakan sebagai kertas.
105 M : Bangsa Cina menemukan kertas, dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci dan kemudian diratakan dan dikeringkan. Mulai dikenal sistem pencetakan atau sistem cap.

Masa Modern (1400-an M s/d Sekarang

Tahun 1455 : Mesin cetak yang menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi yang bisa diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu dikembangkan oleh Johanes Gutenberg .

Tahun 1830 : Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia dengan bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin analytical. Mesin ini didesain untuk mampu memasukkan data, mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu (komputer digital yang pertama).

Tahun 1837 : Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode Morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Pesan dikirim secara elektronik antara 2 tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat.

Tahun 1861 : Gambar bergerak yang diproyeksikan ke dalam sebuah layar pertama kali digunakan (cikal bakal film sekarang)

Tahun 1876 : Melvyl Dewey mengembangkan sitem penulisan desimal

Tahun 1877 : Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum dan Fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edward Maybridge

Tahun 1899 : Sistem penyimpanan dalam pita magnetis yang pertama.

Tahun 1923 : Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.

Tahun 1940 : pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa Perang Dunia II yang dipergunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.

Tahun 1945 : Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hyperteks .

Tahun 1948 : Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan transistor.

Tahun 1957 :

Jean Hoerni mengembangkan transistor planar. Teknologi ini memungkinkan pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor yang dimasukkan ke dalam sebuah keping kecil kristal silikon.
USSR (Rusia pada saat itu) meluncurkan Sputnik sebagai satelit bumi pertama yang bertugas sebagai mata-mata.
Amerika membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) bertugas mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang militer.

1 komentar:

Gede Suwarta on October 6, 2009 at 6:53 PM said...

sejarah komputer tes

Post a Comment

 

About Me

My photo
bantu aq tuk kembangkan ini blog... aq perlu bantuannya untuk tw ap kekuranagn dari blog ini .. tq jangan lupa tuk berkunjung lg ...

Mengenal IT dan Komputer Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts