Saturday, November 21, 2009

Sistem Operasi Komputer


Dewasa ini sistem komputer multiguna terdiri dari CPU (Central Processing Unit); serta sejumlah device controller yang dihubungkan melalui bus yang menyediakan akses ke memori.

Setiap device controller bertugas mengatur perangkat yang tertentu (contohnya disk drive, audio device, dan video display). :ahaha:

CPU dan device controller dapat dijalankan secara bersamaan, namun demikian diperlukan mekanisme sinkronisasi untuk mengatur akses ke memori.

Pada saat pertama kali dijalankan atau pada saat boot, terdapat sebuah program awal yang mesti dijalankan. Program awal ini disebut program bootstrap. P:hilo:rogram ini berisi semua aspek dari sistem komputer, mulai dari register CPU, device controller, sampai isi memori.

Interupsi merupakan bagian penting dari sistem arsitektur komputer. Setiap sistem komputer memiliki mekanisme yang berbeda. Interupsi bisa terjadi apabila perangkat keras (hardware) atau perangkat lunak (software) minta "dilayani" oleh prosesor.

Apabila terjadi interupsi maka prosesor menghentikan proses yang sedang dikerjakannya, kemudian beralih mengerjakan service routine untuk melayani interupsi tersebut.

Setelah selesai mengerjakan service routine maka prosesor kembali melanjutkan proses yang
tertunda. :wave:

sumber : ilmukomputer.org

0 komentar:

Post a Comment

 

About Me

My photo
bantu aq tuk kembangkan ini blog... aq perlu bantuannya untuk tw ap kekuranagn dari blog ini .. tq jangan lupa tuk berkunjung lg ...

Mengenal IT dan Komputer Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts