Monday, September 14, 2009

Hardisk Drive

Hardisk adalah sebuah perangkat keras yang termasuk vital bagi Komputer maupun Notebook kita. Dengan hardisk kita dapat menyimpan berbagai data penting kita mulai dari yang berbentuk gambar/foto, Vidio maupun tulisan, semua tersimpan di Hardisk. Hardiskpun memerlukan perawatan khusus mulai dari Pencegahan agar hardisk tidak mendapatkan panas yang berlebih sampai dengan perawatan data yang ada didalamnya.

Perawatan Hardisk dengan Defragmenter.

Defragment adalah proses menyusun ulang urutan file pada media penyimpan seperti hardisk akibat tidak cukupnya satu file disimpan dalam satu urutan / baris karena sisa ruang yang kecil, sehingga sisa file tsb disimpan terpisah, sehingga proses defragment ini memindahkan file-file yang kecil agar tersedia lagi ruang untuk ditempati.

Fragmentasi adalah suatu keadaan dimana sebuah file disimpan dalam keadaan terpisah satu sama lain. Agar proses pembacaan lebih cepat sebaiknya sebuah file ditata dari awal hingga akhir diletakkan berurutan dalam suati daerah yang sama. Tetapi kenyataannya kita tidak bisa begitu saja melakukan penataan file sesuai dengan harapan.

Bila Hardisk banyak file fragment, maka akan menyebabkan semua akses baca dan tulis hardisk melambat karena seringnya head Hardisk berpindah, seperti mejalankan program, proses copy, save file, Install maupun Uninstall Program. Frekuensi defragment hardisk bisa dilakukan secara periodik tergantung seringnya pemakaian komputer. Defrag digunakan untuk menyusun file file dan ruang yang kosong pada hardisk dengan tepat dengan tujuan agar aplikasi dan system dapat dijalankan dengan lebih cepat.

0 komentar:

Post a Comment

 

About Me

My photo
bantu aq tuk kembangkan ini blog... aq perlu bantuannya untuk tw ap kekuranagn dari blog ini .. tq jangan lupa tuk berkunjung lg ...

Mengenal IT dan Komputer Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts